25.5.14

Akibat sering instal ulang Sistem Operasi



gambar instal ulang OS



 Akibat sering instal ulang Sistem Operasi


      Akibat sering instal ulang Sistem Operasi - Kali ini Mas Tekno akan berbagi tips dan sedikit cerita mengapa banyak orang yang seringkali instal ulang OS.  Untuk mengatasi masalah-masalah berat pada komputer,  menginstall ulang Sistem Operasi seringkali di jadikan jalan keluar . Tetapi yang perlu di ingat bahwa install ulang bukanlah jalan keluar terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pada komputer, bahkan terlalu sering melakukan install ulang terkadang akan menjadi masalah rumit di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa konsekuensi yang mungkin dialami jika terlalu sering melakukan install ulang OS komputer Anda.
  • Dependence reinstall OS 

     Terlalu sering melakukan install ulang bisa membuat kamu ketergantungan. Sedikit-sedikit install ulang, ada masalah sedikit langsung install ulang, kinerja PC / laptop terasa lemot sedikit langsung install ulang, dan seterusnya. Tentu saja hal ini tidak baik bagi PC / laptop Anda, khususnya bagi komponen penting seperti hardisk.
  • Shortened Battery Life 

     Proses instalasi OS pada laptop sebaiknya menggunakan charger sampai proses instalasi itu selesai. Menginstal OS dalam kondisi baterai dilepas adalah cara yang salah karena tegangan listrik yang masuk kurang stabil dan jika melakukan install OS dalam kondisi baterai terpasang tanpa charger jika terlalu sering akan membuat umur baterai berkurang tanpa Anda sadari.
  • Hardware Damage Risk

    Instalasi OS yang terlalu sering juga dapat menyebabkan meningkatnya resiko kerusakan hardware karena proses ini merupakan proses yang cukup berat.
  • Data Loss Risk

    Setiap proses install ulang membawa resiko kehilangan data, terutama jika tidak dilakukan dengan benar. Proses format saat install ulang jika terlalu sering dilakukan juga berpotensi membuat hardisk lebih cepat bermasalah hingga data-data didalamnya bisa terancam.
Dari efek terlalu seringnya menginstall ulang OS tersebut, untuk itu Anda perlu berhati-hati dan selektif dalam melakukan install ulang OS jika tidak benar-benar diperlukan.
Tips sebelum kalian memutuskan untuk instal ulang sistem operasi 
·         Perlu kalian ketahui masalah yang dihadapi dan cari jalan keluarnya,  entah itu masalah yang ditimbulkan oleh virus,  human error,  atau  permasalahan sistem.  Sebaiknya kamu berusaha menyelesaikannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan install ulang.

·         Gunakan System Restore jika semua masalah sulit diatasi.  System Restore merupakan tool ampuh yang bisa kamu gunaka untuk mengembalikan OS menjadi seperti sebelum terjadinya masalah.  
       
           Kemudian  ketahui spesifikasi software yang nantinya akan digunakan. Dari sekian pengalaman saya, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa software yang nantinya mereka butuhkan ternyata tidak mendukung OS yang dia install. Akhirnya software tersebut tidak bisa digunakan dan mereka terpaksa melakukan install ulang lagi.

·         Dan ketahui spesifikasi Hardware yang  dimiliki, Ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan proses install ulang OS. Jadi jika hardware yang kamu gunakan tidak mensupport OS yang ingin kamu install, sebaiknya tidak perlu nekat untuk melanjutkan proses install ulang tersebut daripada terjadi masalah dan akhirnya terpaska harus melakukan install ulang lagi.

    Kesimpulannya adalah bahwa install ulang OS hanya diperlukan jika suatu masalah yang dihadapi sudah benar-benar tidak bisa diatasi sama sekali, baik itu berupa karena virus, human error, maupun sistem error. Jika masalah tersebut masih bisa diselesaikan tanpa harus install ulang OS, tidak disarankan untuk install ulang OS pada komputer Anda.


Berlangganan artikel via email :

Delivered by insurance suzuran

Share On:

Related Post:

Belum ada komentar untuk "Akibat sering instal ulang Sistem Operasi"

Post a Comment

 
 
All Right Reserved - Tekno Liberty
Design by sudrunbenks | Powered By Blogger.com